Langsung ke konten utama

Gharar 1

 disadur dari materi audio POMM - ETA, Pendidikan Online Muamalah Maaliyah Erwandi Tramidzi Association, sangat dianjurkan mengikuti pembelajaran ini...

1. definisi

a)      Gharar secara Bahasa berasala dari Bahasa arab yang berarti resiko, curang, atau menajtuhkan diri dan harta dalam jurang kebinasaan.

b)      Secara istilah adalah jual beli yang tidak jelas sampai kapan kesudahanya. Sebagian ulama mendefinisikannya dengan jual beli yang konsekwensinya antara ada dan tidak. Missal penjual berkata aku jual barang yang ada dalam kotak ini kepadamu dengan harga serratus ribu penjual tidak tahu isi kotak dan pembeli pun tidak menjelaskan

c)      Jadi, asas gharar adalah ketidakjelasan. Ketidakjelasan itu bias terjadi pada barang atau harga.

1.       Fisik barang tidak jelas.
Misalnya: Penjual berkata," aku menjual kepadamu barang yang ada di dalam kotak ini dengan harga Rp. 100.000,-." dan pembeli tidak tahu fisik barang yang berada di dalam kotak.

2.       Sifat barang tidak jelas.
Misalnya: Penjual berkata," aku jual sebuah mobil kepadamu dengan harga 50 juta rupiah". Dan pembeli belum pernah melihat mobil tersebut dan tidak tahu sifatnya.

3.       Ukurannya tidak jelas.
Misalnya: Penjual berkata," aku jual kepadamu sebagian tanah ini dengan harga 10 juta rupiah".

4.       Barang bukan milik penjual, seperti menjual rumah yang bukan miliknya.

5.       Barang tidak dapat diserah terimakan, seperti menjual jam tangan yang hilang.

d)      Ketidakjelasan pada harga disebabkan beberapa hal:

1.       Penjual tidak menentukan harga. Misalnya: Penjual berkata," aku jual mobil ini kepadamu dengan harga sesukamu". Lalu mereka berpisah dan harga belum ditetapkan oleh kedua belah pihak.

2.       Penjual memberikan 2 pilihan dan pembeli tidak menentukan salah satunya. Misalnya: Penjual berkata,"saya jual mobil ini kepadamu jika tunai dengan harga 50 juta rupiah dan jika tidak tunai dengan harga 70 juta rupiah". Lalu mereka berpisah dan pembeli membawa mobil tanpa menentukan harga yang mana disetujuinya.

3.       Tidak jelas jangka waktu pembayaran. Misalnya: Penjual berkata," saya jual motor ini dengan harga 5 juta rupiah dibayar kapan anda mampu". Jika kita amati bentuk-bentuk diatas jelaslah bahwa seluruh akadnya mengandung unsur untung-rugi (spekulasi). Bila salah satu pihak mendapat keuntungan pihak lain mengalami kerugian,  inilah hakikat gharar. Pembeli kotak yang tidak mengetahui isinya dengan harga Rp. 100.000,- mungkin mendapat untung jika ternyata isinya seharga Rp. 130.000,- dan mungkin mengalami kerugian jika ternyata isinya
seharga Rp. 90.000,- . Dan begitulah seterusnya bentuk-bentuk akad yang lain.


 

a)      Hubungan Gharar dengan Qimar
Qimar sama dengan gharar, karena asasnya juga ketidakjelasan yang berkemungkinan mendatangkan kerugian atau keuntungan. Hanya saja perbedaan antara keduanya bahwa qimar biasa terjadi pada permainan atau perlombaan sedangkan gharar terjadi pada akad jual-beli.

b)      Diantara bentuk qimar:

1.       Dua orang atau lebih melakukan sebuah permainan dan masing-masing mengeluarkan sejumlah uang dengan syarat yang keluar sebagai pemenang dari permainan tersebut
mengambil seluruh uang.

2.       Dua orang atau lebih melakukan taruhan. Dengan mengatakan jika yang keluar sebagai pemenang adalah kesebelasan yang saya unggulkan maka anda harus membayar uang sekian dan jika sebaliknya maka saya bayar uang kepada anda sekian.

c)      Hubungan Gharar dengan Maysir
Gharar adalah salah satu bentuk maysir, karena maysir terbagi 2:

1.       Maysir yang diharamkan karena mengandung unsur qimar, seperti misalnya diatas. Ini berarti maysir semakna dengan gharar.

2.       Permainan yang diharamkan sekalipun tidak disertaipembayaran uang. Sebagian ulama salaf ditanya tentang maysir, dia menjawab," segala bentuk permainan yang melalaikan dari shalat dan zikrullah termasuk maysir. Pendapat ini diperkuat oleh Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qayyim serta mereka menukilnya dari mayoritas para ulama. Menurut mereka sebab diharamkannya maysir bukanlah karena mengandung unsur spekulasi, akan tetapi karena maysir melalaikan seseorang dari shalat, zikrullah dan menimbulkan kebencian serta permusuhan, sedangkan fungsi uang hadiah hanyalah sebagai penarik orang untuk ikut serta dalam permainan tersebut

d)      Hubungan gharar dan qur’ah (lotere/ undian)

Qur’ah adalah suatu cara untuk membedakan antara orang-orang yang berhak, tetapi orangnya tidak jelas. Untuk menentukan siapa yang berhak, dilakukan undian.

Hukum undian:

1.     Dibolehkan, yaitu untuk menentukan siapa yang lebih berhak di antara orang-orang yang berhak.

Ibunda Aisyah Radhiyallahu ‘anha menceritakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا أَرَادَ سَفَرًا أَقْرَعَ بَيْنَ نِسَائِهِ فَأَيَّتُهُنَّ خَرَجَ سَهْمُهَا خَرَجَ بِهَا مَعَهُ

Apabila Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak safar, beliau mengundi diantara istrinya. Siapa yang namanya keluar, beliau akan berangkat bersama istrinnya yang menang. (HR. Bukhari 2593, Muslim 7196 dan yang lainnya).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا

Seandainya manusia mengetahui apa yang ada (yaitu keutamaan) di dalam seruan (adzan) dan shaf pertama, lalu mereka tidak bisa mendapatkan shaf tersebut kecuali dengan undian, sungguh mereka akan melakukan undian untuk mendapatkannya. (HR. Bukhari 580)

2.     Dilarang, yaitu untuk menghilangkan kepemilikan seseorang atas suatu barang. Undian seperti ini termasuk bai’ gharar.

Missal : A dan B sama2 mengeluarkan uang senilai Rp. 100.000 lalu mereka melakukan tos dengan melempar uang ke atas bila yang keluar bagian A, dia mengambil uang terkumpul senilai Rp. 200.000, dan sebaliknya.

Undian seperti ini termasuk bai gharar dan bagian dari judi, undian hanya sarana, bila digunakan untuk menentukan orang yang berhak diantara oarng yang berhak maka boleh, tetapi bila digunakan untuk mengambil hak orang lain maka hukumnya haram

e)      Hubungan Gharar dengan Mukhatarah (spekulasi).

Mukhatarah lebih umum daripada gharar. Mukhatarah terbagi 2:

1.       Mukhatarah yang disebabkan oleh ketidakjelasan barang atau harga. Mukhatarah jenis ini termasuk qimar dan gharar.

2.       Mukhatarah yang disebabkan oleh karena pelaku akad belum dapat memastikan keuntungan dari akad niaga yang mereka lakukan, akan tetapi barang dan harganya jelas bagi mereka, yang tidak jelas, apakah akad niaga ini akan mendatangkan keuntungan besar atau sebaliknya. Mukhatarah jenis ini dibolehkan dan tidak termasuk gharar karena seluruh akad niaga tidak terlepas dari mukhatarah jenis ini.

Ibnu taimiyah berkata," tidak ada satupun dalil yang mengharamkan seluruh bentuk mukhatarah. Bahkan sebaliknya Allah dan Rasul-Nya tidak mengharamkan seluruh bentuk mukhatarah yang pelaku akad masuk ke dalam area untung dan rugi. Karena seluruh pelaku niaga mengharapkan keuntungan dan menghindari kerugian. Dengan demikian mukhatarah jenis ini dibolehkan berdasarkan dali dari Al quran, hadist dan ijma, dan seorang pedagang dapat disebut mukhathir (spekulan). Berdasarkan hal di atas maka jual beli yang dilakukan secara cepat terhadap beberapa jenis barang seperti saham yang mengandung unsur spekulasi tinggi karena pembeli kemungkinan mendapat keuntungan dalam beberapa saat atau sebaliknya tidaklah dianggap qimar apabila rukun dan syarat jual beli terpenuhi, yang diantaranya barang dan harga jelas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Salam dan salam mawazi

  Disadur dari pembelajaran online muamalah maaliyah (POMM-ETA) Bai’assalam adalah pembelian barang yang diserahkan kemudian hari, sedangkan pembayaran dilakukan di muka. Termasuk salah satu jenis jual beli dimana harga dibayar dimuka. Dan harga ini dinamakan modal salam. Barang yang telah disebutkan spesifikasi nya dan dalam tanggungan penjual ditunda penyerahannya. Barang ini disebut muslam fiyh. Penjual disebut muslam ilayhi. Pembeli disebut rabbus salam atau muslim. Modal salam disebut ra's mal salam. Terkadang salam disebut juga dengan salaf.  Salam disyariatkan dalam al Qur'an, Sunnah dan ijma'.  Di dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah (2) ayat 282: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى فَاكْتُبُوهُ.... “Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hedaklah kamu menulisnya....” Ibnu Abbas dalam atsar yang diriwayatkan oleh Imam Asy Syafi’i, Thabrani, Al Hakim dan Baiha

Pengertian Qardh dan ariyah

 Disadur dari Pendidikan Online Muamalah Maaliah - erwandi Tarmizi Associatiaon ( POMM-ETA) Qordh secara bahasa pinjaman Dalam bahasa Arab dan istilah para fuqaha ada 2 kata yang bermakna pinjaman yang dalam bahasa Indonesia di sebut dengan pinjaman dan konsekwensinya berbeda.  1. Qordh adalah memberikan kepemilikan sesuatu kepada orang lain agar bisa digunakan dan yang dikembalikan dengan gantinya (badal) bukan ainnya, dan  termasuk aqad tabarruat. Pada asalnya qordh ini termasuk aqad riba tapi dibolehkan karena ada kebaikan disana. Seorang memberikan uang pecahan 💯 ribu dengan nomor seri tertentu, kemudian sepekan kemudian dikembalikan dengan 2 pecahan 50 ribu. Ini terjadi riba karena tidak tunai (riba nasiah) . Tetapi Allah dan rasul-nya membolehkan. Hukum nya sunnah bagi yang meminjamkan dan dia mendapat pahala. Bahkan para fuqaha berdasarkan dalil-dalil aqad qordh ini lebih utama dari sedekah. Padahal qordh uang kita dikembalikan. Melihat biasanya sedekah diterima dari orang lain

Zhalim dalam Bermuamalah

   Dzalim disadur dari materi audio POMM - ETA, Pendidikan Online Muamalah Maaliyah Erwandi Tramidzi Association, sangat dianjurkan mengikuti pembelajaran ini... Definisi ⦁    Dzalim secara bahasa berasal dari kata dzulm yang diartikan kegelapan. Yang sering diartikan berarti menempatakan sesuatu bukan pada tempatnya. ⦁    Secara istilah  mengerjakan larangna serta meninggalkan perintah Allah. Maka setiap perbuatan yang melampaui ketentuan syariat adalah perbuatan dzalim, baik dengan cara menambah atau mengurangi. ⦁    Lawan kata dzalim adalha adl Penerapan Dzalim Allah telah mengutus para nabi dan rasul serta membekali mereka dengan kitab-kitab agar mereka menegakkan keadilan atas hak-hak Allah dan hak-hak manusia. Firman Allah dalam surat al hadid ayat 25 لَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنَاتِ وَأَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتَابَ وَالْمِيزَانَ لِيَقُومَ النَّاسُ بِالْقِسْطِ ۖ وَأَنْزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَنْ يَنْصُرُهُ و